Silabus Aerodynamic

SILABUS MATA PELAJARAN

AERODYNAMIC AND FLIGHT CONTROL

(DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)

 

Satuan Pendidikan          :       SMK

Kelas /Semester         :    X /1 - 2

 

Kompetensi Inti

KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3   :    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4   :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

 

 

1.1    Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang penciptaan burung  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai gambaran adanya hukum-hukum yang diterapkan dalam theory of flight.

 

 

 

 

 

 

1.2    Mengamalkannilai-nilaiajaran agama sebagai tuntunan untuk lebih memahami adanya ketentuan-ketentuan Tuhan di alam semesta yang berhubungan dengan penciptaan bumi dan adanya atmosfir

 

2.1    Mengamalkanperilakujujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingintahu, inovatif dan tanggungjawabdalam menerapkan aturan tentang aerodynamic dan pengaruhnya terhadap pesawat..

 

2.2    Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dalam hubungannya dengan flight stability and dynamics.

 
 
 

2.3    Menunjukkansikapresponsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam hubungannya dengan fungsi flight controls di pesawat udara

 

3.1    Menganalisis karakteristik dan jenis lapisan-lapisan atmosfir bumi (Physics of the Atmosphere)

Penganalisisandan penalaran sifat tentang karakteristik dan jenis lapisan pada atmosfir bumi (physics of atmosphere) yang antara lain :

·         Troposfir

·         Stratosfir

·         Mesosfir

·         Termosfir

·         Ionosfir

·         Eksosfir

 

Mengamati :

·    Mengamati gambar lapisan atmosfir bumi yang melindungi bumi

Menanya :

·    Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakanmengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang karakteristik dan sifat lapisan pada atmosfir bumi

Pengumpulan Data :

·    Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang karakteristik dan sifat lapisan pada atmosfir bumi

Mengasosiasi :

·    Mengkategorikan data danmenentukanhubungannya, selanjutnyadisimpulkandenganurutandari yang sederhanasampaipada yang lebihkompleksterkaitdengan karakteristik dan sifat lapisan pada atmosfir bumi.

Mengkomunikasikan :

·    Menyampaikanhasilkonseptualisasitentangperalatandankelengkapan karakteristik dan sifat lapisan pada atmosfir bumi dalam bentuk lisan, tulisan, dan gambar.

Observasi:

·    Proses pengamatan dan pembuktian adanya karakteristik dan sifat tertentu pada lapisan atmosfir bumi

 

Tes:

·    Teslisan/ tertulis terkait dengankarakteristik dan sifat lapisan pada atmosfir bumi

8 jam pelajaran

·      An Introduction to Atmosphere Physics

David G. Andrew (2010), Cambridge University Press.

 

4.1    Menalar karakteristik dan jenis lapisan-lapisan atmosfir bumi(Physics of the Atmosphere)

 

3.2    Menganalisis prinsip dan perkembangan Theory of Flight

Penganalisisan dan penalaran prinsip dari Theory of Flight.

·         Bernaully’s Law

·         Coefficient lift

·         Coefficient drag

 

Mengamati :

·    Mengamati informasi Bernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag

Menanya :

·    Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang Bernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag

Pengumpulan Data :

·    Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang Bernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag

Mengasosiasi :

·    Mengkatagorikan data danmenentukanhubungannya, selanjutnyadisimpulkandenganurutandari yang sederhanasampaipada yang lebihkompleksterkaitdengan Bernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag

Mengkomunikasikan :

·    Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang Bernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Dragdalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·    Hasil pekerjaan menerapkanBernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag

 

Observasi:

·    Proses pelaksanaan tugas menerapkanBernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag

 

·    Portofolioterkait kemampuan dalam menerapkanBernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag(jikaada).

 

Tes:

·    Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan menerapkanBernaully’s Law, Coefficient Lift, Coefficient Drag

 

16 jam pelajaran

·     Theory of Flight, Richard Von Mises (1959), Dover Publication

·   Flight Theory and Aerodynamics, Charles E. Dole, James E. Lewis (2000) John Wiley & Sons

 

4.2    Menalar prinsip dan perkembangan Theory of Flight

 

3.3    Menganalisis aerodynamic  dan pengaruhnya terhadap pesawat udara

Penganalisisan dan penalaran tentang aerodinamika yang mempengaruhi pesawat udara sehingga dapat terbang.

·        Gaya angkat (lift)

·        Gaya berat (weight)

·        Gaya dorong (thrust)

·        Gaya hambat (drag).

 

 

Mengamati :

·    Mengamatipembuktian tentang aerodinamika yang mempengaruhi pesawat udara

Menanya :

·    Mengkondisikansituasibelajaruntukmembiasakanmengajukanpertanyaansecaraaktifdanmandiritentang: aerodinamika yang mempengaruhi pesawat udara

Pengumpulan Data :

·    Mengumpulkan data yang dipertanyakandanmenentukansumber (melaluibendakonkrit, dokumen, buku, eksperimen) untukmenjawabpertanyaan yang diajukantentangaerodinamika yang mempengaruhi pesawat udara

Mengasosiasi :

·    Mengkatagorikan data danmenentukanhubungannya, selanjutnyadisimpulkandenganurutandari yang sederhanasampaipada yang lebih kompleks terkait dengan aerodinamika yang mempengaruhi pesawat udara

Mengkomunikasikan :

·    Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang aerodinamika yang mempengaruhi pesawat udaradalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·    Hasil pekerjaan bidang aerodinamika yang berkaitan dengan pesawat udara

 

Observasi:

·    Proses pelaksanaan tugas membuat pekerjaan bidang aerodinamika yang berkaitan dengan pesawat udara

 

Portofolio terkait kemampuan dalam membuat pekerjaan bidang aerodinamika yang berkaitan dengan pesawat udara.

 

Tes:

·    Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan pembuktian tentang aerodinamika yang mempengaruhi pesawat udara

16 jam pelajaran

·   Aerodynamics for Engineering Student,

EL. Houghton, PW. Carpenter. (2013) Elsevier, Ltd.

 

4.3  Menalar aerodynamic  dan pengaruhnya terhadap pesawat udara

 

3.4    Menganalisis aspek-aspek Flight Stability and Dynamics

Penganalisisan dan penalaran tentang Flight stability yang berupa stabilitas satatis dan stabilitas dinamis.

  • Static stability
  • Dynamic stability

 

Mengamati :

·    Mengamati gambar Flight stability yang terdiri atas stabilitas statis dan stabilitas dinamis

Menanya :

·    Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: stabilitas statis dan stabilitas dinamis

Pengumpulan data :

·    Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan  yang diajukan tentang stabilitas statis dan stabilitas dinamis

Mengasosiasi :

·    Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan dengan urutandari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait stabilitas statis dan stabilitas dinamis.

Mengkomunikasikan :

·    Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang stabilitas statis dan stabilitas dinamis

Tugas:

·    Hasilpekerjaan yang berkaitan dengan stabilitas statis dan stabilitas dinamis

 

Observasi:

·    Proses pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan stabilitas statis dan stabilitas dinamis

 

Portofolio terkait  kemampuan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan stabilitas statis dan stabilitas dinamis

.

 

Tes:

·    Teslisan/ tertulis yang terkait stabilitas statis dan stabilitas dinamisl

14 jam pelajaran

·   Dynamics of Flight, Stability and Control, Bernard Etkin (1982), John Wiley and Sons Australia

 

4.4   Menalar aspek-aspek Flight Stability and Dynamics

 

3.5    Menganalisisfungsi dan perawatan Flight  Controls

Penganalisisan dan penalaran fungsi dari Flight Control.

·         Primary Flight Control

Ø  Horizontal stabilizer (rudder)

Ø  Vertical stabilizer (elevator)

Ø  Longitudinal stabilizer (ailleron)

 

·         Secondary Flight Control

Ø  Tab

 

·         Auxilliary Flight Control

Ø  Leading Edge Flap

Ø  Trailing Edge Flap

Mengamati :

·    MengamatiFlight  Controls

 

Menanya :

·    Mengkondisikansituasibelajaruntukmembiasakanmengajukanpertanyaansecaraaktifdanmandiritentang: Flight Controls

Pengumpulan data :

·    Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang Flight Controls

Mengasosiasi :

·    Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait Flight  Controls.

Mengkomunikasikan :

·    Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang Flight Controls  dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·    Hasilpekerjaanberkaitan denganFlight Controls

 

Observasi:

·    Proses pelaksanaan tugas berkaitan dengan Flight Controls

 

Portofolio terkaitkemampuan berkaitan dengan Flight Controls.

 

Tes:

·    Teslisan/ tertulis yang berkaitan dengan Flight Controls

14 jam pelajaran

·   Flight Control System, Roger W. Pratt (2000), The Institution of Electrical Engineers, United Kingdom

 

4.5    Menalar fungsi dan perawatan Flight Controls

 

 

3.6    Menganalisis karakteristik dan perhitungan Sub Sonic Flight

Penganalisisan karakteristik dan penalaran perhitungan pada Sub Sonic Flight.

  • Subsonic aircraft
  •  

Mengamati :

·       Mengamati gambar Sub Sonic Flight

Menanya :

·       Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: Sub Sonic Flight

Pengumpulan data :

·       Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentangSub Sonic Flight

Mengasosiasi :

·       Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan denganurutandari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait Sub Sonic Flight.

Mengkomunikasikan :

·       Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang Sub Sonic Flightdalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·    Hasilpekerjaan yang berkaitan dengan Sub Sonic Flight

 

Observasi:

·    Prosespelaksanaan Tugas yang berkaitan dengan Sub Sonic Flight

 

Portofolio terkaitkemampuan yang berkaitan dengan Sub Sonic Flight (jikaada).

 

Tes:

·    Teslisan/ tertulis yang berkaitan dengan Sub Sonic Flight

12  jam pelajaran

·   High Sped Flight, Bill Sweetman (1983), Political Science

 

4.6    Menalar karakteristik dan perhitungan Sub Sonic Flight

 

 

 

 

Our Address

JL. Ahmad Yani, Kompleks Taman Eden 6-8-Batam 
Kepulauan Riau 29400 - Indonesia
Telp: +62 778-4800800 / Fax: +62 778-465835
emaill: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.