Silabus Aircraft

SILABUS MATA PELAJARAN

BASIC AIRCRAFT TECHNICAL AND KNOWLEDGE

(DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)

 

Satuan Pendidikan          :       SMK   

Kelas /Semester         :    X / 1 - 2

 

Kompetensi Inti

KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3   :    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4   :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

 

 

1.1        Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang pencipataan benda-benda  dengan aturan  yang tertentu untuk dipergunakan sebagai acuan dalam dalam penerbangan yang juga memiliki aturan baku dan terstandar

 

 

 

 

 

 

1.2        Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai bentuk pengabdian yang ikhlas sebagaimana dalam pelaksanaan aturan-aturan penerbangan.

 

2.1        Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam menerapkan aturan penerbangan agar dapat meminimalisir terjadinya human error.

 

2.2        Menghargaikerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir yang berhubungan dengan komunikasi dan pelaksanaan dalam mengaplikasikan part pada CASR.

 
 
 

2.3        Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas  untuk mendalami dan menerapkan BATK

 

 

3.1                    Memahami KeselamatanKerja, dan prosedur kerja penerbangan (human factor) sesuai peraturan yang berlaku

Pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor).

·           System safety

·           Safety Standard

·           System safety and human factor : The Interface

·           System Safety Task

 

 

Mengamati :

·          Mengamati pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor)

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor)

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor)

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanyadisimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor).

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor).

Tugas:

·          Hasil pekerjaan pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor)

 

Observasi :

·          Proses pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor).

 

Portofolio terkait pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor)r (jika ada)

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis terkait dengan pengenalan dan penerapan prosedur keselamatan kerja (human factor)

 

10  jam pelajaran

·   Human Factors in Aviation, Earl L. Wiener (1988), Elsevier

 

4.1        Mengamati KeselamatanKerja, dan prosedur kerja  penerbangan sesuai peraturan yang berlaku

 

3.2        Memahami pengaruhlingkungandan human errordalam penerbangan

Pengenalan dan demonstrasi tentang pengaruh lingkungan dan human error.

·           Method of Studying Error

·           A Model Error

·           Error in Deciding

·           Action Error

 

 

Mengamati :

·          Mengamati pengaruh lingkungan dan human error

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: pengaruh lingkungan dan human error

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pengaruh lingkungan dan human error

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan pengaruh lingkungan dan human error

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pengaruh lingkungan dan human error dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan tentangpengaruh lingkungan dan human error

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan tugas pengaruh lingkungan dan human error

 

Portofolio terkait kemampuan dalam membuat tugas pengaruh lingkungan dan human error (jika ada).

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan pengaruh lingkungan dan human error

10  jam pelajaran

·   Human Factors in Aviation, Earl L. Wiener (1988), Elsevier

 

4.2        Menanya pengaruhlingkungandan human errordalam penerbangan

 

3.3        Menerapkan macam-macam cara berkomunikasi dalam pekerjaan

Pengenalan dan demonstrasi  teknik komunikasi dalam pekerjaan

·           Communication provides information

·           Communication establishes interpersonal relationships

·           Communication establishes predictable behavior patterns

·           Communication maintains attention to task and monitoring

·           Communication is a management tool

 

 

Mengamati :

·          Mengamati teknik komunikasi dalam pekerjaan

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri teknik komunikasi dalam pekerjaan

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik komunikasi dalam pekerjaan

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan teknik komunikasi dalam pekerjaan

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik komunikasi dalam pekerjaan dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan tentang teknik komunikasi dalam pekerjaan

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan tugas tentang teknik komunikasi dalam pekerjaan

 

Portofolio terkait kemampuanteknik komunikasi dalam pekerjaan (jika ada).

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan tentang teknik komunikasi dalam pekerjaan

10  jam pelajaran

Communication In Aviation Safety:

Lessons Learned And Lessons Required

Paul D. Krivonos (2007)

Presented at the

2007 Regional Seminar of the

Australia and New Zealand Societies

of Air Safety Investigators

 

 

4.3        Mencoba macam-macam cara berkomunikasi dalam pekerjaan

 

3.4          Menganalisis Aircraft material & hardware yang digunakan

Pengenalan dan pemilihan  aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan .

·          Producing and treating ferrous and non-ferrous metals, alloy, composite, and non metallic

·          Effect of microstructure on macroscopic properties of ferrous and non-ferrous metal and alloys

·          Corrosion and how properties of ferrous and non ferrous materials are determined using testing technique

·          Structure and properties of non metallic materials

·          Type, characteristic and applictions of Aircraft fasteners and general hardware

·          Construction, characteristics and applications of Aircraft electrical cables and connectors

·          Pipes and union

·          Type of Spring, materials, characteristics and applications

·          Bearing

·          Transmission (Gera type and their application; Gear ratio, reduction and multiplication gear system, driven and drivinggears, idle gears, mesh pattern; belts and pulleys, chains and sprockets)

Mengamati :

·          Mengamati pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasilpemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan

 

Portofolio terkait kemampuan dalam pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan (jika ada).

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan pemilihan aircraft material & hardware yang dipergunakan dalam penerbangan

20 jam pelajaran

Aircraft Engineering Principles,  Lloyd Dingle, Michael Howard Tooley (2005), Elsevier

 

 

4.4          Menalar  Aircraft material & hardware yang digunakan dalam penerbangan

 

3.5          Menganalisis jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

Pengenalan dan perbandingan jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system 

·         Airframe design feature

·         Aircraft Structure

·         Aircraft System

Ø  Hydaurlic System

Ø  Pneumatic System

Ø  Air Conditioning & Pressurization

Ø  Oxigen System

Ø  Landing Gear

Ø  Rain and Ice Protection

Ø  Fire Extinguisher

Ø  Electrical System

Ø  Aircraft Instruments

Ø  Communication and Navigation

Mengamati :

·          Mengamati jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan menggambar konstruksi jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan tugas jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

 

Portofolio terkait jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system (jika ada).

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

30 jam pelajaran

Aircraft Structures and Systems, Ray Wilkinson (2010) MechAero Publishing

 

 

4.5           Menalar jenis-jenis aircraft structure dan aircraft system

 

3.6        Menganalisis macam-macam  tenaga pendorong / power plant pada pesawat udara

Pengenalan Dan Analisis Sederhana Tentang Tenaga Pendorong Pesawat Udara.

·         Piston Emgine

·         Ram Jet

·         Pulse Jet

·         Rocket

·         Gas Turbine Engine

Ø  Turbo Jet

Ø  Turbo Propeller

Ø  Turbo Fan

Ø  Turbo Shaft

Mengamati :

·          Mengamati tentang tenaga pendorong pesawat udara

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: tentang tenaga pendorong pesawat udara

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang tentang tenaga pendorong pesawat udara

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait tentang tenaga pendorong pesawat udara

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang tentang tenaga pendorong pesawat udara dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan tentang tenaga pendorong pesawat udara

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan tugas tentang tenaga pendorong pesawat udara

Portofolio terkait kemampuantentang tenaga pendorong pesawat udara (jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan tenaga pendorong pesawat udara

20 Jam pelajaran

·   Aircraft : Power Plants with Student Guide, Michael Kroes (2007), McGraw-Hill Education

 

4.6        Menalar simulasi besaran  tenaga pendorong / power plant pada pesawat udara

 

 

3.7        Menganalisis basic propulsion & propellers

Pengenalan dan penerapan basic propulsion & propeller

·         Energy, power and Force

·         An Engine

·         The Propellers

·         How a Propeller Works

·         Aerodynamic Characteristics of Propeller

·         Measuring the geometry of propellers

·         Equivalent multiblade propellers

·         Static thrust of propellers

 

Mengamati :

·          Mengamati penerapan basic propulsion & propeller

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri basic propulsion & propeller

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang basic propulsion & propeller

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait basic propulsion & propeller .

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang basic propulsion & propeller

       dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan basic propulsion & propeller

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan tugas basic propulsion & propeller

 

Portofolioterkaitbasic propulsion & propeller

(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan basic propulsion & propeller

10  jam pelajaran

·   An Introduction Aircraft Performance, Mario Asselin (1997), American Institute of Aeronautics and Astronautics, Inc.

 

4.7        Menalar basic propulsion & propellers

 

3.8          Menganalisis aircraft electronics & electrical fundamental

Pengenalan dan penerapan aircraft electronics & electrical fundamental

·         Fundamentals

·         DC Circuits

·         Electric Fields and Capacitors

·         Magnetic Fields and Circuits

·         Electromagnetism

·         Alternating Quaating Quantitities

·         DC Machines

·         DC Transients

·         Semiconductor Theory and Devices

Mengamati :

·          Mengamati penerapan aircraft electronics & electrical fundamental

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri aircraft electronics & electrical fundamental

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang aircraft electronics & electrical fundamental

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait aircraft electronics & electrical fundamental .

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang aircraft electronics & electrical fundamental

       dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan aircraft electronics & electrical fundamental

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan tugas aircraft electronics & electrical fundamental

 

Portofolio terkait aircraft electronics & electrical fundamental

(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan aircraft electronics & electrical fundamental

20 jam pelajaran

Fundamental Electrical and Electronic Principles, Christopher R Robertson (2008), Elsevier

 

4.8          Menalar aircraft electronics & electrical fundamental

 

3.9          Menganalisis Badan Otorisasi Penerbangan Internasional dan Indonesia, serta Part 21, 39, 43, 45, 47, 65, 145, 147 CASR yang  berhubungan dengan manufaktur dan perawatan pesawat udara sesuai UU No. 15 TH 1992, EASA, dan FAR

Pengenalan dan penerapan   Badan Otorisasi Penerbangan Internasional dan Indonesia, serta Part-part CASR.

·         CAA (Civil Aviation Authority)

·         NAA (National Aviation Authority )

·         ICAO

·         FAA (Federal Aviation Administration)- Amerika Serikat

·         TC (Transport Canada)

·         CASA (Civil Aviation Savety Authority)- Australia

·         CAA (Civil Aeronautical Administration) – Taiwan

·         DGCA (Directorat Generale Civile Aviation) – Indonesia

·         EASA (European Aviation Savety Agency) - Eropa

·         Part  CASR 21, 39, 43, 45, 47, 65, 145,  dan 147

Mengamati :

·          Mengamati penerapan Part CASR

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri Part CASR

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang Part CASR

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait Part CASR.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang Part CASR

       dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan Part CASR

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan tugas Part CASR

 

Portofolio terkait Part CASR

(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan Part CASR

30  jam pelajaran

·   CASR Handbook

·   Airworthiness handbook for civil Aircraft,

 

 

 

4.9          Menalar  Badan Otorisasi Penerbangan Internasional dan  Indonesia, serta Part 21, 39, 43, 45, 47, 65, 145, 147 CASR yang  berhubungan dengan manufaktur dan perawatan pesawat udara sesuai UU No. 15 TH 1992, EASA, dan FAR

 

 

 

Our Address

JL. Ahmad Yani, Kompleks Taman Eden 6-8-Batam 
Kepulauan Riau 29400 - Indonesia
Telp: +62 778-4800800 / Fax: +62 778-465835
emaill: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.