Silabus Basic

SILABUS MATA PELAJARAN BASIC SKILLS

(DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)

 

Satuan Pendidikan          :       SMK

Kelas /Semester         :    X /1 - 2

 

Kompetensi Inti

KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam

              berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3   :    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 KI4   :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

 

 

 

1.1        Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang penciptaan benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan kerja yang sistematis saat melaksanakan pekerjaan

 

 

 

 

 

 

1.2        Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

2.1        Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggungjawab dalam menerapkan aturan kerja sehingga akan menghasilkan keselamatan bagi alat, diri, dan benda

 

2.2        Menghargaikerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikirdan caramenyelesaikan pekerjaan menggunakan hand tools, power tools, dan special tools.

 
 
 

2.3        Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas pengukuran mekanik dan elektrik

 

3.1        Memahami KeselamatanKerja dalam bekerja (work safety), dan prosedur kerja sesuai peraturan yang berlaku

Pengenalan dan pelaksanaan Keselamatan dalam bekerja (work safety) serta prosedur kerjanya.

·     Keselamatan pekerja

·     Keselamatan mesin

·     Keselamatan alat-alat pendukung

·     Keselamatan benda kerja

Mengamati :

·          Mengamati prosedur dan kelengkapan pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanyadisimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja.

Tugas:

·          Hasil pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaankeselamatan kerja dalam bekerja

 

Portofolio terkait kemampuan dalam pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja (jika ada)

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis terkaitdengan pelaksanaan keselamatan kerja dalam bekerja

24 jam pelajaran

·   Introduction to Health and Safety at Work, Phil Hughes, Ed Ferret (2009). Elsevier Limited, Oxford

·   Safety at Work, John Ridley, john Channing (20113), Elsevier Ltd.

 

4.1        Mencoba KeselamatanKerja dalam bekerja (work safety), dan prosedur kerja sesuai peraturan yang berlaku

 

3.2        Menerapkan peralatan dan kelengkapan alat pelindung diri  (APD) dalam bekerja sesuai dengan standar kerja

Pengenalan dan pelaksanaan penggunaan alat keselamatan kerja (alat pelindung diri-APD) dalam bekerja (work safety.

·         Pakaian kerja

·         Sepatu kerja

·         Kaca mata

·         Sarung tangan

·         Topi

·         Headphone

Mengamati :

·          Mengamati pelaksanaan penggunaan alat keselamatan kerja (alat pelindung diri-APD)

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: penggunaan alat keselamatan kerja (alat pelindung diri-APD)

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang penggunaan alat keselamatan kerja(alat pelindung diri-APD)

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan penggunaan alat keselamatan kerja(alat pelindung diri-APD)

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang penggunaan alat keselamatan kerja(alat pelindung diri-APD).

Tugas:

·          Hasil penggunaan alat keselamatan kerja(alat pelindung diri-APD)

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan penggunaan alat keselamatan kerja(alat pelindung diri-APD)

 

Portofolio terkait kemampuan dalam penggunaan alat keselamatan kerja(alat pelindung diri-APD) (jika ada).

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis yangterkait denganpenggunaan alat keselamatan kerja(alat pelindung diri-APD)

30 jam pelajaran

·   Introduction to Health and Safety at Work, Phil Hughes, Ed Ferret (2009). Elsevier Limited, Oxford

·   Safety at Work, John Ridley, john Channing (20113), Elsevier Ltd.

 

4.2        Mencoba peralatan dan kelengkapan alat pelindung diri  (APD) dalam bekerja sesuai dengan standar kerja

 

3.3        Menerapkan  hand tools, power tools, dan special tools yang dipergunakan dalam teknik penerbangan

Pengenalan dan demonstrasi  penggunaan hand tools, power tools, dan special tools

·         General cutting tools

·         Metal cutting tools

·         Clamping devices

·         Special tools

Mengamati :

·          Mengamati demonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentangdemonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang demonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan demonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang demonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools.

Tugas:

·          Hasilevaluasi demonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan demonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

 

Portofolio terkait kemampuan dalam menggunakan hand tools, power tools, dan special tools (jika ada).

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis yang terkait dengandemonstrasi penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

60 jam pelajaran

Aviation Unit and Intermediate Maintenance Repair Parts and Special Tools, Department of The Army Washington DC

 

 

4.3        Menalar  hand tools, power tools, dan special tools yang dipergunakan dalam teknik penerbangan

 

3.4        Menganalisis jenis dan cara mengoperasikan hand tools, power tools, dan special tools sesuai dengan jenis pekerjaan

Pengenalan dan penggunaanhand tools, power tools, dan special tools

  • General cutting tools
  • Metal cutting tools
  • Clamping devices
  • Special tools

Mengamati :

·          Mengamati penggunaan hand tools, power tools, dan special tools

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentangpenggunaan hand tools, power tools, dan special tools

 

Pengumpulan Data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang penggunaan hand tools, power tools, dan special tools

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan penggunaan hand tools, power tools, dan special tools

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang penggunaan hand tools, power tools, dan special tools.

Tugas:

·          Hasilevaluasi penggunaan hand tools, power tools, dan special tools

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan penggunaan hand tools, power tools, dan special tools

 

Portofolio terkait kemampuan dalam menggunakan hand tools, power tools, dan special tools (jika ada).

 

Tes:

·          Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan penggunaan hand tools, power tools, dan special tools

150 jam pelajaran

Aviation Unit and Intermediate Maintenance Repair Parts and Special Tools, Department of The Army Washington DC

 

 

4.4        Menalar jenis dan cara pengoperasian hand tools, power tools, dan special tools sesuai dengan jenis pekerjaan

 

3.5         Memahami  alat ukur mekanik dan jenisnya dengan berbagai tingkatan ketelitian sesuai dengan pekerjaan

Pengenalan dan demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan ketelitian

·         Outside micrometer

·         Inside micrometer

·         Jangka sorong

·         Pengukur lubang

·         Bevel protactor

·         High gauge

·         Dial indicator

·         Puppitas

 

Mengamati :

·          Mengamati demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatandalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan

 

Portofolio terkait kemampuan demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan demonstrasi penggunaan alat ukur mekanik dengan berbagai tingkatan

16 jam pelajaran

·    

 

4.5         Menalar  alat ukur mekanik dan jenisnya dengan berbagai tingkatan ketelitian sesuai dengan pekerjaan

 

 

3.6         Memerapkan  cara pengukuran dengan alat ukur mekanik dan pembacaannya sesuai dengan  bentuk benda kerja

Pengenalan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik

·      Cara pengukuran menggunakan macam-macam alat ukur mekanik, antara lain :

·      Outside micrometer

·      Inside micrometer

·      Jangka sorong

·      Pengukur lubang

·      Bevel protactor

·      High gauge

·      Dial indicator

·      Puppitas

 

 

Mengamati :

·          Mengamati cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik

 

Portofolio terkait kemampuan dalam pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur mekanik

16 jam pelajaran

·    

 

4.6         Menalar  cara pengukuran dengan alat ukur mekanik dan pembacaannya sesuai dengan  bentuk benda kerja

 

3.7.        Menganalisis cara melakukan kalibrasi alat ukur mekanik

Pengenalan cara kalibrasi alat ukur mekanik

·      Cara kalibrasi macam-macam alat ukur mekanik, antara lain :

·      Outside micrometer

·      Inside micrometer

·      Jangka sorong

·      Pengukur lubang

·      Bevel protactor

·      High gauge

·      Dial indicator

·      Puppitas

 

 

Mengamati :

·          Mengamati cara kalibrasi alat ukur mekanik

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: cara kalibrasi alat ukur mekanik

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang cara cara kalibrasi alat ukur mekanik

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait cara cara kalibrasi alat ukur mekanik.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang cara cara kalibrasi alat ukur mekanik dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan cara kalibrasi alat ukur mekanik

 

Observasi:

·          Prosespelaksanaancara kalibrasi alat ukur mekanik

 

Portofolio terkait kemampuan dalam cara kalibrasi alat ukur mekanik(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan cara kalibrasi alat ukur mekanik

16 jam pelajaran

 

 

4.7         Mencoba cara melakukan kalibrasi alat ukur mekanik

 

3.8.        Menerapkan  alat ukur elektrik dan jenisnya dengan berbagai tingkatan ketelitian sesuai dengan pekerjaan

Pengenalan penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian:

·         Ohm meter

·         Volt meter

·         Watt meter

 

 

Mengamati :

·          Mengamati penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian

 

Portofolio terkait kemampuan dalam penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan penggunaan alat ukur elektrik dengan bebagai tingkatan ketelitian

16 jam pelajaran

 

 

4.8         Mencoba  alat ukur elektrik dan jenisnya dengan berbagai tingkatan ketelitian sesuai dengan pekerjaan

 

3.9.        Menerapkan  cara pengukuran dengan alat ukur elektrik dan pembacaannya sesuai dengan  bentuk benda kerja

Pengenalan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik

·         Ohm meter

·         Volt meter

·         Watt meter

 

 

Mengamati :

·          Mengamati cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·          Hasil pekerjaan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik

 

Observasi:

·          Proses pelaksanaan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik

 

Portofolio terkait kemampuan dalam pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik(jika ada).

 

Tes:

·          Teslisan/ tertulis yang terkait dengan cara pengukuran dan pelaksanaannya menggunakan alat ukur elektrik

16 Jam pelajan

 

 

4.9         Mencoba  cara pengukuran dengan alat ukur elektrik dan pembacaannya sesuai dengan  bentuk benda kerja

 

3.10.     Menganalisis  teori kesalahan pengukuran  dan cara melakukan kalibrasi alat ukur elektrik

Pengenalan teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik.

·      Ohm meter

·      Volt meter

·      Watt meter

 

 

Mengamati :

·          Mengamati teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik

 

Menanya :

·          Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik

 

Pengumpulan data :

·          Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik

 

Mengasosiasi :

·          Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik.

 

Mengkomunikasikan :

·          Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.

Tugas:

·           Hasil pekerjaan teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik

 

Observasi:

·           Proses pelaksanaan pekerjaan teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik

 

Portofolio terkait kemampuan dalam  pemahaman teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik(jika ada).

 

 

Tes:

·           Teslisan/ tertulis yang terkait dengan cara teori kesalahan pengukuran dan kalibrasi alat ukur elektrik

16 jam pelajaran

 

 

4.10      Menalar  teori kesalahan pengukuran  dan cara melakukan kalibrasi alat ukur elektrik

 

 

 

Our Address

JL. Ahmad Yani, Kompleks Taman Eden 6-8-Batam 
Kepulauan Riau 29400 - Indonesia
Telp: +62 778-4800800 / Fax: +62 778-465835
emaill: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.